Pandemi Tidak Menghambat Pengiriman Samudera Cahaya Pasifik

Pandemi telah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sejumlah sektor industri. Salah satunya merupakan jasa pengiriman kontainer. Munculnya covid ini tentu sangat berpengaruh pada perekonomian serta aktivitas masyarakat ahkir-ahkir ini dan sangat berdampak pada jasa pengiriman kontainer dari Surabaya ke Gorontalo, Makassar, Manado, dan pulau-pulau lainnya dalam proses pengiriman pelayaran, salah satunya pengiriman Samudera Cahaya Pasifik.

Sebelum virus corona menyerang, perusahaan dapat menyewa kotak kontainer sederhana berukuran 20 feet dan 40 feet dengan relatif mudah, cepat, dan aman. Perusahaan ini juga melakukan pengiriman 20 hingga 40 container setiap minggunya, tetapi semakin kesini pemasukan pengiriman semakin meningkat secara drastis sehingga perusahaan Samudera Cahaya Pasifik sempat beberapa kali melakukan penolakan pengiriman dikarenakan pengiriman antar pulau yang meledak.

Memang terjadi beberapa rintangan dalam melakukan pengiriman dimasa pandemi ini, seperti salah satunya yaitu beberapa perusahaan pemasok mengalami gulung tikar. Sehingga pesanan tiap minggu menurun hanya menjadi 10 hingga 20 kontainer. Memang terjadi penurunan penjualan, tetapi hal ini tidak menjadi hambatan dikarenakan adanya pelanggan tetap yang pasti akan tetap memerlukan kontainer untuk mengirim kebutuhan mereka seperti pakan ternak.

Selain itu, rintangan yang dialami pada masa pandemi ini yaitu krisis kontainer global. Krisis kontainer global sendiri terjadi karena distribusi kontainer yang kurang merata. Pasalnya banyak negara yang mulai menggenjot produksinya namun di sisi lain ada juga beberapa negara yang belum bisa melakukan ekspor akibat langkah-langkah penguncian Covid-19. Krisis ini kemudian diperparah dengan meningkatnya permintaan global.

Namun, disisi lain masa pandemi ini dapat menaikan kesempatan untuk para pemasok yang ingin mengirim barang karena harga yang sudah semakin murah disebabkan oleh kapal yang tidak berlayar, sehingga akan menambah beban jika kapal harus melakukan inap di pelabuhan, sehingga harga harus diturunkan agar ekspedisi kapal dapat tetap berjalan.

Melalui peningkatan penawaran kontainer yang semakin meningkat karena banyak yang memulai aktivitas lagi di masa new normal ini. Dampaknya yaitu tiap minggu pengiriman Samudera Cahaya Pasifik dipastikan mengalami pemenuhan kontainer tiap minggunya sehingga dapat kembali memperbaiki perekonomian yang ada.

Leave a Reply